Selasa, 14 Juli 2009

SekIlas TentaNg cAmpUzTkU



SDM IT andal merupakan masalah utama di seluruh dunia. Kelangkaan ini disebabkan meledaknya bisnis yang berbasis IT. Negara AS terpaksa membe-rikan visa H1 kepada ratusan ribu orang setiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhuan SDM IT. Di Eropa cerita serupa terjadi (Jerman dan Inggris), bahkan di Asia (Singapura dan Indonesia) juga terjadi krisis SDM IT.

Jika program Bandung High Tech Valley (BHTV) berjalan sesuai dengan rencana, maka pada 2010 akan dibutuhkan tenaga kerja di Bidang Teknologi Informasi sebanyak 350 ribu orang. Dari mana SDM IT ini diperoleh?

STMIK AKBA sebagai salah satu PT berbasis IT ikut berperan untuk mempersiapkan SDM IT yang andal. Sebagai PT yang pertama dan satu-satunya menerapkan konsep 3in1 dalam kurikulumnya. STMIK AKBA memberikan tiga kemampuan sekaligus, yaitu kemampuan komputer sebagai kemampuan utama, Bahasa Ingris dan akun-tansi sebagai kemampuan pen-dukung. Lebih memantapkan penerapan teori dan skill yang telah diperoleh mahasiswa dibangku kuliah, STMIK AKBA telah menjalin kerja sama dengan 150 perusahaan/ instansi tempat magang mahasiswa. STMIK AKBA telah meluluskan 1989 alumni yang telah tersebar di seluruh pelosok tanah air, baik sebagai PNS, Karyawan swasta maupun sebagai wirausaha. Se-lain memperoleh ijazah sebagai sarjana IT, alumni STMIK AKBA juga diusahakan memperoleh sertifikat profesi bidang telematika. Hal ini dimungkinkan karena STMIK AKBA telah ditunjuk LSP Telematika Nasional sebagai tempat uji kompetensi bidang telematika. STMIK AKBA juga telah menjalin kerja sama dengan Microsoft dalam Microsoft Campus Agreement.

Lokasi yang sangat strategis (terjangkau dengan angkutan umum dari berbagai lokasi di Makassar, Maros dan Gowa) biaya kuliah pun sangat ringan. Komentar tempat magang. “Selama melaksanakan magang di instansi kami, maha-siswa STMIK AKBA menun-jukkan kinerja yang baik. Penguasaanaplikasi komputer sangat baik.”(Ir. Abd. Muthalib Hasan, BKPD Sulsel). “Maha-siswa STMIK AKBA yang melaksanakan magang di ins-tansi kami; telah menerapkan pengetahuan komputer dari lingkungan studinya dengan sangat baik.” (Ana Dwi Agustin S. STP. M. Si.). “Mahasiswa STMIK AKBA yang melak-sanakan magang di instansi kami rajin, disiplin, aktif dan komuni-katif.” (Alimuddin, S. E. BPKP Prop. Sul-Sel). “Selama melak-sanakan magang, mahasiswa STMIK AKBA bekerja sesuai dengan instruksi, penuh tang-gung jawab, jujur, berperilaku baik dan sopan.” (Mawardi Maímun BRI Daya). Komentar alumni STMIK AKBA: “STMIK AKBA merupakan perguruan tinggi yang konsisten dengan kualitas alumninya. Selalu mengikuti perkembangan IT, dosen dan staf selalu terbuka untuk konsultasi. Alhasil banyak alumni yang terserap di dunia kerja.” (Juhamrang, PNS kantor BKD Maros). “Saya bangga pernah menjadi bagian dari STMIK AKBA. Saya banyak memperoleh ilmu dan keterampilan yang sangat berguna bagi saya ketika saya bersaing dengan alumni dari perguruan tinggi lain. Alhamdulillah saya dapat lulus menjadi PNS. Trimís STMIK AKBA semoga ke depan dapat mencetak alumni yang memiliki skill yang lebih baik lagi yang dapat berkompetisi dalam dunia kerja. (Suharni, PNS Kantor Pemda Pangkep). “Kuliah di AKBA sangat menyenangkan, karena suasana kekeluargaan yang tercipta dengan baik disana. Baik antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen ataupun mahasiswa dengan staff.” (Enny, Dephum Ham Polman).

Pada TA 2009/2010, STMIK AKBA menerima mahasiswa baru untuk kelas regular dan nonreguler (kuliah sore/malam dan sabtu ming-gu). Dalam rangka Hari Kartini 2009 Yaya-san Pendidikan Kartini mem-berikan beasiswa Rp1 juta bagi pen-daftar periode I (Maret-Mei). Beasiswa dapat diuangkan sesuai dengan syarat dan keten-tuan yang berlaku dan dapat juga dijadikan potonganbiaya kuliah. (aCzhA)


Informasi lebih lanjut hubungi:
Kampus STMIK AKBA
Jln. Perintis Kemerdekaan KM.
9, No. 75 D
Telp/Fax : 0411-588371
web: www.akba.ac.id.


1 komentar: